Tunggu ...

Bendo Sunda

BENDO SUNDA INOVASI SENIMAN BANDUNG

Bendo Sunda adalah penutup kepala sjenis blangkon Jawa yang umumnya terbuat dari kain batik motif tertentu dengan daleman kertas yang dilem kanji menggunakan teknik tertentu. Butuh keahlian khusus seorang pengrajin untuk membuat sebuah bendo.

Ada beberapa bentuk dan model bendo yang sudah memasyarakat yaitu bendo Sunda, bendo Jawa dan bendo Jogja. Selain ketiga model tersebut, kini para pengrajin dan pecinta seni berinovasi membuat model-model baru seperti bendo dalang, bendo jawara, bendo panganten, dan bendo Angling Darma. Penamaan tersebut berasal dari pembuatnya atau usulan dari seniman dan budaywan terkait.

Ukuran bendo sudah fix dan tidak bisa diatur, dengan kata lain tidak memiliki ukuran all size seperti halnya iket Sunda Praktis. Selain itu fisiknya kaku dan keras, tidak lentur seperti iket dan sorban sehingga akan rusak kalau dilipat. Bendo tidak tahan air karena menggunakan bahan baku lem kanji dan kertas di dalamnya.

Seperti halya iket Sunda dan peci hitam, bendo Sunda juga memiliki beberapa kualitas yakni ekonomis, medium dan premium. Kualitas tersebut ditentukan oleh bahan baku terutama kain batik dan tingkat kesulitan proses pembuatan. Kualitas ekonomis menggunakan kain batik biasa, kualitas medium menggunakan kain batik kelas menengah, sedangkan kualitas premium menggunakan kain batik pilihan terbaik.

Perlu diketahui bahwa untuk corak, motif dan warna batik bisa sama tetapi harganya berbeda dikarenakan kualitas dan mereknya berbeda. Kain batik yang biasa dipakai umumnya berasal dari Tasik, Garut, Cirebon dan Pekalongan.

Meskipun bendo bisa dipakai sehari-hari namun akan lebih cocok jika dipakai saat upacara adat tradisional Sunda atau pesta adat seperti pesta ada pernikahan Sunda, khitanan, dan pertunjukan seni. Bisa juga dipakai saat acara ritual adat seperti kawin cai dan ruwatan suatu daerah di Tatar Sunda. Di bawah ini adalah beberapa contoh bendo Sunda karya pengrajin asal Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Bendo Sunda
Rupa-rupa Benso Sunda

Bendo Jogja
Bendo Sunda Mirip Blangkon Jogja

Bendo Dalang
Bendo Dalang Batik Parang Rusak

Bendo Sunda
Bendo Sunda Batik Mega Mendung
Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat