Tunggu ...

Cara Pasang Iket Sunda

Ki dadang
Ki Dadang
TUTORIAL MEMASANG IKET SUNDA ALA KI DADANG

Tutorial atau 'cara pasang iket Sunda' dikenal dengan istilah 'nyintrenan' jika dipasang di kepala orang lain. Tutorial ini berupa tahapann proses melipat dan mengikat kain segi empat menjadi iket kepala Sunda model tertentu.

Kain yang berbentuk segi empat ini dikenal dengan istilak iket lepasan, iket amparan atau iket gebaran. Ada yang polos ada juga yang bermotif, ada yang memiliki 'modang' (kotak di tengah iket) dan 'pager' (motif pinggiran kain), ada pula yang tidak memilikinya, yang jelas setiap iket lepasan pasti memiliki 'waruga iket' (bagian dalam iket). Semua tergantung kesukaan pemakai.

Penjelasan mengenai istilah 'modang, 'pager, dan 'waruga iket' dapat dilihat di halaman Iket Lepasan Segi Empat. Di sana dijelaskan secara rinci disertai gambar/ foto penjelas. Silakan dibaca !

Butuh keahlian dan keterampilan khusus saat memasang iket Sunda model tertentu dan harus bisa dilakukan tanpa melihat cermin. Mencoba mempraktekan berulang-ulang dan kesabaran adalah kuncinya. 

Pada video tutorial,  Ki Dadang mempraktekan tahapan-tahapan untuk membentuk model iket tertentu dari kain persegi. Model iket Sunda yang bisa dibentuk dari iket lepasan di antaranya sebagai berikut:

  1. Barangbang Semplak
  2. Parekos Nangka
  3. Parekos Jengkol
  4. Parekos Gedang
  5. Julang Ngapak
  6. Candra Sumirat
  7. Makuta Wangsa
  8. Makuta Purwa
  9. Makuta Raga
  10. Buaya Ngangsar
  11. Kole Nyangsang
  12. Iket Kampung Adat Cikondang
  13. Iket Kampung Adat Ciptagelar
  14. Iket Adat Kampung Naga

Di bawah ini adalah enam video tutorial cara pasang iket Sunda dari kain segi empat (iket lepasan) oleh Ki Dadang, praktisi seni asal Pameungpeuk Kabupaten Bandung.

 

 
Tutorial Kesatu

Tutorial Kedua

Tutorial Ketiga

Tutorial Keempat

Tutorial Kelima

 
Tutorial Keenam
 
Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat