Tunggu ...

Bahan Baku Iket

BAHAN BAKU/ MATERIAL IKET SUNDA PRAKTIS SIAP PAKAI

Di bawah ini adalah beberapa contoh kain batik yang biasa dipakai sebagai bahan baku iket Sunda praktis siap pakai. Beragam warna, corak, dan motif sebelum dibuat iket klasik (kain iket segi empat), iket praktis, dan iket gaul. Jumlah iket kepala yang bisa dibuat dari satu lembar kain batik tergantung dari lebar dan dan panjang kain itu sendiri. Selain itu, model iket yang dibuat juga akan mempengaruhi kuantitas produk.

Contoh, iket model Merak Ngibing membutuhkan kain lebih banyak jika dibandingkan iket model Barangbang Semplak. Demikian juga iket model Hanjuang Nangtung membutuhkan kain lebih banyak dibandingkan iket model Makuta Wangsa. Hal tersebut akan mempengaruhi jumlah produk yang dapat diproduksi untuk satu lembar kain batik.

Adapun harga iket kepala ditentukan dari jumlah pemakaian bahan bakui, model, kualitas dan tingkat kesulitan saat pembuatan karena mayoritas dikerjakan manual tangan oleh para pengrajin dengan keahlian khusus.

Motif dan corak iket buatan yang digambar, disablon, dicetak, atau  dibordir pada iket juga dapat menentukan harga jual iket. Demikian juga dengan tingkat kerumitan saat pembuatan desain motif dan corak iket yang dipesan.

Contoh, iket kepala dengan kualitas Premium akan lebih mahal dari kualitas medium karena bahan yang dipakai lebih mahal dan tingkat kesulitan pun lebih tinggi. Contoh lain, iket model Julang Ngapak akan lebih mahal dari iket model Makuta Raga meskipun kualitasnya sama. Hal ini dikarenakan bahan baku yang dipakai iket Julang Ngapak lebih banyak dan tingkat kesulitan pembuatan lebih tinggi. Model iket yang sama akan berbeda harga jika menggunakan kualitas material yang berbeda. Perlu diketahui bahwa corak batik yang sama harganya bisa berbeda karena kualitasnya berbeda.

Hal-hal tadi akan melahirkan berbagai kualitas iket di pasaran dengan harga yang berbeda-beda. Semua tidak ada yang jelek, hanya kualitas yang berbeda baik dari segi bahan maupun pembuatan. Kalau dikategorikan secara garis besar kualitas iket Sunda praktis terbagi empat yakni Ekonomis, Medium, Premium dan Ekslusif.

 

Distro Sunda
Bahan Baku Iket

Distro Sunda
Bahan Baku Iket

Distro Sunda
Bahan Baku Iket


Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat