Tunggu ...

Kualitas Medium Vs Premium

KUALITAS EKONOMIS, MEDIUM, PREMIUM DAN EKSLUSIF

Berdasarkan kualitas produk, iket Sunda Praktis terbagi menjadi empat tingkatan yaitu ekonomis, medium, premium dan ekslusif. Kualitas tersebut dipengaruhi beberapa faktor antara lain kualitas bahan baku yang dipakai, model dan desain motif pada kain, dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatan.

KUALITAS EKONOMIS:
Menggunakan bahan baku termurah seperti kain kiloan (bukan kain bekas) hanya saja merupakan kain lemparan pabrik yang sudah tidak terjual baik dalam potongan pendek maupun rollan. Model iket yang dibuat kebanyakan bentuk Makuta Wangsa dan Hanjuang Nangtung karena pembuatannya relatif mudah. 

Ciri utaamya selalu memakai karet dan/ tali di belakang iket untuk mengencangkan dan melonggarkan. Untuk mempercepat proses pembuatan dan menghemat biaya produksi, di bagian sisi kain dineci (diobras) dan sebagian produsen (pengrajin iket) masih menggunakan lem dan kertas.

KUALITAS MEDIUM:
Menggunakan bahan baku kualitas menengah. Biasanya corak dan warna hampir sama tetapi merek kain atau kelasnya berbeda. Di level ini masih ada beberapa produsen yang menggunakan isolatif kertas dan lem untuk mempercepat pengerjaan. Dalemannya menggunakan kombinasi spon dan kain. Model iket kualitas ini lebih bervariasi namun kebanyakan masih menggunakan neci/ obras di bagian sisi kain.

KUALITAS PREMIUM:
Menggunakan bahan baku berkualitas super dan sudah tidak menggunakan spon di bagian dalamnya. Seluruhnya kain (full kain), tanpa lem dan tanpa kertas sehingga aman kena air. Lebih berat, lebih awet, lebih lentur dan tidak mudah gerah saat dipakai. 

Model iket di level ini sangat bervariasi baik dari segi motif, warna maupun bentuk. Itu sebabnya para pengrajin menempatkan model iket yang sulit pembuatannya di kualitas ini karena harga jualnya sesuai dengan kerja keras mereka.

KUALITAS EKSLUSIF:
Merupakan kualitas terbaik dan menggunakan bahan baku yang sama dengan kualitas Premium, hanya saja dipilih motif-motif pilihan yang umumnya limited edition atau menggunakan corak batik desain sendir atau motif batik berlisensi. 

Model iket di level ini juga sangat bervariasi seperti halnya kualitas premium namun mayoritas iket di tingkat ini adalah 'make on demmand', 'private custom', dan permintaan khusus baik dari perorangan ataupun dari instansi. Biasanya motif atau model yang dibuat mencerminkan identitas pemesan.

KUALITAS DI ZULZOL DISTRO:
Iket Sunda praktis yang kami buat mayoritas Medium dan Premium. Kualitas ekonomis sudah tidak diproduksi lagi kecuali ada permintaan khusus dalam jumlah besar. Demikian juga dengan kualitas Ekslusif hanya dibuat sesuai permintaan para seniman dan para budayawan saja.

PRODUK ZULZOL DISTRO:
Jika hanya dilihat dari tampilan foto produk, kita akan kesulitan bahkan tidak bisa membedakan antara kualitas ekonomis, medium, dan premium. Untuk membedakannya harus dipegang, ditimbang, atau dipakai karena tampilan foto persis sama.

Saran kami, hati-hati saat membeli iket online yang menggunakan foto produk sama tetapi harganya lebih murah, padahal sebenarnya beda kualitas. Banyak foto produk ber-watermark Zulzol Distro yang diambil tanpa izin kemudian menjualnya di marketplace Indonesia padahal kualitas produk jauh berbeda.

Jika sahabat menemukan foto produk dengan watermark Zulzol Distro, silakan hubungi kami agar sahabat tidak tertipu setelah melihat tampilan foto. Silakan buktikan sendiri! Mereka yang 'nyuri' foto dan menjiplak deskripsi produk kemudian menjualnya di berbagai marketplace bukan produk Legok Buhun, kecuali para reseller dan dropshipper yang sudah bekerjasama dan mendapat izin resmi.

 

Kualitas Iket Sunda
Kualitas Medium Vs Premium

KESIMPULAN:
Tidak ada produk iket yang jelek ataupun yang bagus, semua tergantung penilaian pemakai. Yang ada beda kualitas yakni ekonomis, medium, premium dan ekslusif. Kualitas tersebut berpengaruh terhadap harga jual produk. Jadi wajar sekali jika sahabat menemukan harga iket yang berbeda padahal model, bentuk, dan warnanya persis sama. Itu semua karena bahan luar sama tetapi daleman (yang tidak bisa difoto) berbeda atau menggunakan motif yang sama tetapi kualitas kain berbeda. Di samping itu teknik dan kerapihan jahitan juga berbeda. Silakan buktikan sendiri !

Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat